Web-Blog Informasi Dusun Sendi-Bangunsari

New Update! Dusun Sendi merupakan salah satu dusun yang berada di Desa bangunsari, Kecamatan Bandar , Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Dusun sendi berjarak 2 Km dari Pusat Desa Bangunsari. Dusun ini berlokasi sekitar 45 Km dari pusat kota Kabupaten Pacitan dengan jarak tempuh sekitar 1.45 jam perjalanan dari pusat kota Kabupaten Pacitan. hampir separuh dari luas Dusun Sendi digunakan untuk area pertanian dan perhutanan.

Profil Dusun Sendi Desa Bangunsari Bandar-Pacitan

Foto: Balai dusun sendi

Dusun Sendi merupakan salah satu dusun yang berada di Desa bangunsari, Kecamatan Bandar , Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Dusun sendi berjarak 2 Km dari Pusat Desa Bangunsari. Dusun ini berlokasi sekitar 45 Km dari pusat kota Kabupaten Pacitan dengan jarak tempuh sekitar 1.45 jam perjalanan dari pusat kota Kabupaten Pacitan. hampir separuh dari luas Dusun Sendi digunakan untuk area pertanian dan perhutanan. 

Dusun Sendi memiliki beberapa RW yang mana RW tersebut juga memiliki nama sendiri seperi Sendi, Nggemblong, Tempuran dsb . Untuk sampai ke dusun ini, harus melewati desa bangunsari atau desa bandar. Letak dusun sendi berada di perbatasan antara Desa bangunsari dengan Desa bandar atau lebih tepatnya bersebelahan dengan Desa bandar, Kecamatan Bandar Sepanjang perjalanan menuju Dusun sendi ini kita akan disuguhi pemandangan keramaian pasar besar yaitu pasar bandar apabila dari arah selatan dan Pasar jeruk apabila dari arah utara. Selain itu kita dapat melihat pemandangan hutan pinus yang masih asri dan dilindung oleh Perhutani. Akses jalan menuju Dusun sendi juga tergolong bagus. 

Dusun sensi dapat dikatakan dusun agamis karena masih menjunjung tinggi nilai-nilai agama islam. Hal ini terlihat dengan berdirinya beberapa TPA/TPQ yang bertempat di beberapa masjid di dusun sendi. Selain itu terdapat 3 Masjid besar dan beberapa musholla yang tersebar di seluruh dusun sendi. Di dusun ini terdapat kegiatan-kegiatan warga seperti pengajian, pkk dan lain-lain.

Dalam kehidupan bermasyarakat, dusun ini sangat menjunjung tinggi perdamaian dan kerja sama antar warga. Mata pencaharian di Dusun ini mayoritas adalah petani, peternak, pegawai dan perantau ke kota-kota besar. Kondisi perekonomian penduduk dusun sendi dapat dikatakan menengah karena memang mayoritas penduduknya bermata pencaharian sebagai petani dan perantau ke kota-kota besar.

Dusun sendi memiliki potensi paling besar dari segi pertanian, Peternakan dan perhutanan. Dari segi pertanian potensi terbesar di dusun sendi ini adalah Jagung, Singkong dan Padi. Dari segi peternakan berpotensi pada hewan ternak seperti sapi, kambing dan ayam sedangkan dari segi perhutanan berpotensi pada hutan pinus. Penduduk dusun sendi memiliki ketertarikan tersendiri dalam beternak sapi karena sebagaian besar warganya memelihara sapi.

Dusun sendi juga terkenal dengan sumber mata air dibawah tanah yang melimpah hingga mampu mengaliri ke desa karena setiap tanah di dusin sendi mengandung air jernih dan tidak pernah habis. Air merupakan ciri khas utama dari dusun sendi walapun musim kemarau air tetap ada hanya saja debit air menurun tidak seperti musim penghujan. Terdapat dua sumber air besar di dusun sendi yang terletak di dusun perhutanan yaitu di hutan Gembes.


0 komentar: