Web-Blog Informasi Dusun Sendi-Bangunsari

New Update! Dusun Sendi merupakan salah satu dusun yang berada di Desa bangunsari, Kecamatan Bandar , Kabupaten Pacitan Jawa Timur. Dusun sendi berjarak 2 Km dari Pusat Desa Bangunsari. Dusun ini berlokasi sekitar 45 Km dari pusat kota Kabupaten Pacitan dengan jarak tempuh sekitar 1.45 jam perjalanan dari pusat kota Kabupaten Pacitan. hampir separuh dari luas Dusun Sendi digunakan untuk area pertanian dan perhutanan.

Demografi Dusun Sendi



Foto : Pegunungan dusun sendi

Kondisi Demografi Dusun Sendi Desa Bangunsari

1. Penduduk Dusun Sendi
Foto: Kegiatan kerja bakti masyarakat dusun sendi

Dusun sendi merupakan salah satu dusun dari 6 dusun yang berada di Desa bangunsari Kecamatan Bandar. Total penduduk dusun sendi adalah ? jiwa yang terdiri dari laki-laki sebanyak ? jiwa dan perempuan ? jiwa. Sedangkan jumlah kepala keluarga yang ada di dusun sendi sebanyak ? KK.


2. Pendidikan Penduduk 
Foto : Kegiatan belajar-mengajar salah satu penduduk dusun sendi

            Tingkat pendidikan penduduk di dusun sendi ini rata-rata adalah tamat Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah menengah atas/kejuruan (SMA/SMK). Jumlah penduduk pra sekolah yang ada di dusun sendi sebanyak ?, sedangkan jumlah penduduk yang tingkat pendidikannya di jenjang Sekolah Dasar (SD) adalah ?. jumlah penduduk yang ada di tingkat Sekolah menengah pertama (SMP) adalah ? orang, jumlah penduduk yang ada di tingkat Sekolah menengah atas (SMA) sebanyak ? orang dan terdapat ? orang yang tingkat pendidikannya adalah diploma/sarjana.  
            Fasilitas pendidikan yang terdapat di dusun sendi berupa satu Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD).

3. Mata Pencaharian Penduduk
Foto : Seorang petani dusun sendi sedang memanen

            Mayoritas mata pencaharian penduduk Dusun Sendi adalah sebagai Pertani dan Buruh ke luar daerah, karena dusun sendi bisa dikatakan dusun pertanian yang menghasilkan padi yang melimpah.
            Jumlah penduduk yang bermata pencaharian sebagai petani adalah ? jiwa, jumlah penduduk yang bermata pencaharian sebagai pedagang adalah ?jiwa. Sedangkan, jumlah penduduk yang berprofesi sebagai pegawai negeri sipil (PNS) adalah ? orang. Jumlah penduduk yang berprofesi sebagai buruh sebanyak ? orang dan yang berprofesi dibidang jasa sebanyak ? orang.

4. Kesejahteraan Penduduk 
Foto : kegiatan remaja dan anak-anak dusun sendi


           Kesejahteraan merupakan suatu hal yang wajib diperoleh oleh setiap penduduk. Bukankah telah kita ketahui bersama bahwa salah satu tujuan negara Indonesia adalah mensejahterkan rakyatnya. Tingkat kemakmuran suatu negara dikatakan baik apabila penduduk tersebut telah mendapat kesejahteraan. Oleh karena itu, sangat dibutuhkan upaya dari pemerintah untuk mensejahterakan penduduknya. Kesejahteraan suatu penduduk itu sendiri dapat dilihat dari kesejahteraan pendapatan di tiap keluarga.

*NB : Untuk terkait jumlah data belum dapat diinformasikan karena belum dilakukan survei terbaru terkait kependudukan dusun sendi desa bangunsari kecamatan bandar Pacitan.

0 komentar: